.

.

Rabu, 09 Juli 2014

Kalimantan Tengah Daerahku


Kalimantan Tengah


           Hallo, kali ini saya ingin menceritakan sedikit tentang daerah saya, yaitu Kota Cantik Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Walaupun saya lahir di Banjarmasin Kalimantan Selatan, saya cinta Kalimantan Tengah, kenapa? Karena saya dibesarkan disana sejak saya masih balita.


            Kebanyakan orang salah presepsi tentang kota saya yang satu ini, sebagian besar masyarakat yang ada di provinsi lain menganggap jika masyarakat Kalimantan Tengah ini cukup keras. Sebenarnya itu salah besar, Kalimantan Tengah sama halnya dengan daerah Indonesia yang lainnya, disini juga banyak memiliki budaya ciri khas tersendiri, dan masyarakat yang ramah tamah bukannya kasar atau semacamnya yang sudah menjadi opimi - opini masyarakat. Jika teman - teman mengunjungi kota saya yang satu ini mungkin kalian akan disuguhkan dengan hutan - hutan yang masih terjaga di pinggiran kota maupun di tengah kota, mungkin karena hal ini lah kota cantik saya ini mendapat gelar "Paru - paru dunia". 

          Kalian tahu? Jika banyak turis yang datang kesini untuk meneliti berbagai macam hal, misalnya para turis atau ilmuan asing maupun ilmuan yang ada dalam daerah meneliti tentang tanaman anggrek dan orang utan yang spesiesnya semakin sedikit dari tahun ke tahun.

          Banyak tempat wisata yang dapat kalian kunjungi disini diantaranya Arboretum, Taman Alam, Bukit Tangkiling, Bukit Batu, Batu Banama, Kum Kum dan masih banyak lagi.

          Selain itu di Kalimantan Tengah ini juga memiliki tari daerah yang cukup unik. Dan yang paling terkenal untuk menari masal adalah Tarian Manasai, yaitu tarian yang dapat ditarikan oleh banyak orang dengan posisi lingkaran besar berputar - putar sesuai aturan gerak tarinya dan ada selendang yang diikatkan di pinggangnya.


Tari Manasai

             

                 Dan untuk seni suara di sini adalah karungut. Karungut adalah sebuah kesenian tradisional dari Kalimantan Tengah, Indonesia. Seni ini berupa sastra lisan atau juga bisa disebut pantun yang dilagukan.Karungut merupakan karya yang dijunjung masyarakat Dayak sebagai sastra besar klasik dan merupakan semacam pantun atau gurindam. Pelantun karungut mengisahkan syair-syair kebajikan dengan meramu bermacam legenda, nasihat, teguran, dan peringatan mengenai kehidupan sehari-hariKarungut sering dilantunkan pada acara penyambutan tamu yang dihormati. Salah satu ekspresi kegembiraan dan kebahagiaan diungkapkan dalam bentuk Karungut. Cr: Wikipedia.com


                Dan untuk makanan ciri khas Kalimantan Tengah adalah pucuk jawaw. Pucuk jawaw adalah makanan khas sampit yang sering dikonsumsi dan menjadi makanan favorit. selain enak, pucuk kunjui ini lunak dan tidak terasa pahit seperti saat sirebus.

Pucuk Jawaw
Sumber: http://momonconge.wordpress.com/

                 Sekian dulu cerita saya tentang Kalimantan Tengah, terima kasih yang sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan blog saya, mohon maaf apabila ada kesalahan. Mari kita bertemu di lain waktu, sampai jumpa~ ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar